PD. BPR Bank Karanganyar Selenggarakan Pelatihan Penerapan Program APU – PPT

Menindak lanjuti komitmen terhadap ketentuan keanggotaan Asia Pacific Group on Money Laundering (APG), bahwa negara yang bergabung dalam APG memiliki komitmen untuk melaksanakan sistem Mutual Evaluation Review guna menilai tingkat kepatuhan dengan Rekomendasi FATF sebagai standar internasional Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT).

Sebagai komitmen terhadap pelaksanaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, Otoritas Jasa Keuangan telah mengeluarkan peraturan nomor 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme di Sektor Jasa Keuangan, sehingga diharapkan ada keseragaman di dalam pelaksanaannya bagi seluruh Pelaku Jasa Keuangan (PJK).

BPR Bank Karanganyar, sebagai salah satu pelaku jasa keuangan, berusaha untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal penerapan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, termasuk memenuhi ketentuan yang diatur dalam POJK tersebut.

Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh PD. BPR Bank Karanganyar sebagai usaha untuk memenuhi ketentuan OJK tersebut, antara lain:

  1. Menyesuaikan kebijakan internal dan prosedur kerja guna menjamin optimalissi upaya anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Memastikan kompetensi sumber daya manusianya untuk dapat melakukan Customer Due Dilligence maupun Enhcance Due Dilligence dengan baik.
  3. Secara konsisten menyampaikan kepada PPATK, laporan transaksi keuangan mencurigakan, transaksi tunai sesuai ketentuan nominal wajib lapor dan laporan lain yang diminta oleh PPATK.
  4. Menatausahakan seluruh dokumen transaksi dan dokumen pelaporan dengan baik.

Dan untuk memastikan dan meng-upgrade sumber daya manusia yang dimiliki oleh PD. BPR Bank Karanganyar, mengenai penerapan program APU-PPT tersebut, maka PD. BPR Bank Karanganyar bekerjasama dengan “Lotus-Training & Consulting Centre” menyelenggarakan Pelatihan Penerapan Program APU-PPT bagi seluruh karyawan dan karyawati PD. BPR Bank Karanganyar.

Pelatihan terebut diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 24 Pebruari 2018, bertempat di Hotel River Hills Tawangmangu