PD. BPR Bank Karanganyar Lakukan Edukasi Keuangan ke Sekolah

Guna menumbuhkan kebiasaan menabung kepada masyarakat, terutama di kalangan pelajar, maka PD. BPR Bank Karanganyar mengadakan sosialisai “Gerakan Gemar Menabung” di sekolah-sekolah di Kabupaten Karanganyar.

PD. BPR Bank Karanganyar memiliki beberapa produk simpanan yang bisa digunakan oleh masyrakat kabupaten Karanganyar, yaitu:

  • Srikandi
  • Harimas
  • Tabunganku
  • Simpelpol

Masing-masing produk memiliki fitur dan keunggulan sendiri-sendiri. Tabungan Srikandi, misalnya, tabungan ini dikhususkan untuk masyrakat umum dan memiliki fitur andalan berupa Tabungan berhadiah yang diundi satu tahun sekali.

Sementara Harimas lebih dikhususkan untuk masyarakat yang memiliki profesi sebagai pedagang, karena tabungan ini dilengkapi dengan system perhitungan bunga harian.

Tabunganku dan Simpelpol, merupakan tabungan yang dikhususkan bagi para pelajar. Dengan setoran awal yang ringan, serta tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, maka diharapkan mampu menarik minat para pelajar untuk menabung.

Agar dapat dimonitor dan agar siswa mengambil tabungan untuk keperluan yang penting maka setiap bulannya dibatasi hanya dapat melakukan empat kali penarikan tabungan. Kalau sering diambil kan jadinya tabungan tidak nambah-nambah.

Ada berbagai keuntungan yang akan dirasakan oleh sekolah, orang tua, dan murid bersangkutan. Bagi guru atau sekolah maka akan membantu membudayakan menabung di sekolah dan menjadi sarana edukasi praktis keuangan dan perbankan. Sedangkan bagi orang tua akan mengajarkan kemandirian dan kedisplinan anak dalam mengelola keuangan. Nah, manfaat bagi siswa yakni melatih pengelolaan keuangan sejak dini dan mendorong gemar menabung sejak dini